Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri - Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami, yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan sekaligus menjelaskan mengenai tentang penyebab sakit pinggang sebelah kiri. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.


Saat anda merasakan sakit pinggang sebelah kiri, mungkin anda akan menganggapnya adalah hal yang biasa dan tidak berbahaya, anda bisa saja berpikir bahwa rasa sakit yang di rasakan akibat kelelahan setelah beraktivitas dan hanya memerlukan istirahat untuk menghilangkannya. Pada kenyataannya tidak semua kasus yang sakit pinggang sebelah kiri di sebabkan oleh kelelahan saja, akan tetapi kondisi ini dapat menandakan bahwa kemungkinan anda mengalami beberapa masalah atau gangguan kesehatan. Lalu gangguan kesehatan seperti apa yang di tandai dengan penyebab sakit pinggang sebelah kiri?

Memang rasa sakit yang anda rasakan pada pinggang kiri bukanlah hal yang jarang terjadi, penyebab ini mungkin telah di alami oleh banyak orang di luar sana. Akan tetapi, sama seperti anda mereka tidak menyadari bahwa keputusan mereka untuk mengacuhkan rasa sakit tersebut salah. Rasa sakit pinggang sebelah kiri bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu dan cukup berbahaya, apalagi jika anda tidak hanya sekali mengalaminya.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Ada beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri, di antaranya adalah sebagai berikut ini :
  • Batu ginjal
Ginjal terdapat 2 bagian yaitu kiri dan kanan yang terletak di bagian pinggang, jika anda merasa sakit pinggang sebelah kiri bisa saja karena adanya masalah pada ginjal kiri dengan salah satu masalah ginjal yang menimbulkan rasa sakitnya adalah batu ginjal. Menurut National Institute Of Diabetes And Digestive And Kidney Diseases, batu ginjal merupakan salah satu penyakit ginjal yang dapat menimbulkan rasa sakit yang paling parah. Batu yang ada di ginjal sebenarnya berasal dari zat kimia yang seharusnya terbuang oleh tubuh, tetapi malah mengendap dan mengeras dan juga bisa jadi pemicunya yaitu kebiasaan yang tidak minum cukup air putih.

Bila memang anda mnegalami batu ginjal, biasanya tidak hanya merasakan sakit pinggang melainkan gejala lain seperti mual, urin berdarah dan muntah juga akan anda alami.
  • Irritable bowel syndrome (IBS)
Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan fungsi sistem pencernaan terutama usus besar, seseorang yang mengalami Irritable bowel syndrome (IBS) akan mengalami buang air besar yang sangat sering, diare sampai menimbulkan rasa sakit di bagian pinggang dan di bagian perut. Kondisi medis ini terjadi akibat beberapa penyebab seperti depresi, perubahan hormon selama haid, infeksi saluran pencernaan, sedang menggunakan obat-obatan tertentu dan genetik.

Mengubah pola makan bahkan memilih bahan makanan yang sehat merupakan salah satu cara untuk menghindari IBS datang di kemudian hari.
  • Otot kram
Otot pinggang yang menegang dan kram bisa menimbulkan rasa sakit dengan posisi memutar atau membungkuk badan merupakan salah satu gerakkan yang dapat menimbulkan otot pinggang anda kejang dan menegang, ketika terlalu sering di gunakan dan melakukan gerakkan yang salah maka bukan tidak mungkin otot pinggang anda menjadi tegang kemudian robek akibat di paksakan untuk bergerak.

Robeknya otot membuat rasa sakit pinggang kiri timbul jika terjadi pada pinggang bagian kiri, biasanya rasa sakit yang di rasakan bisa menjalar sampai ke paha dan ke bokong.
  • Radang sendi panggul
Radang persendian tulang panggul adalah kerusakan jaringan sambungan antar tulang di sekitar area panggul seperti pada dasar tulang belakang dan di antara sepasang tulang panggul, persendian tulang panggul merupakan jenis persendian yang paling stabil dan kokoh sehingga tidak begitu banyak pergerakkan di area ini. Persendian tulang panggul berperan sebagai peredam getaran dari tubuh bagian atas ke area panggul meskipun cukup kuat, persendian pada area ini rentan mengalami artritis degeneratif.

Peradangan pada area persendian tulang panggul biasanya di awali dengan robekan kecil, dari robekan tersebut sampai muncul rasa sakit dan biasanya butuh proses pergeseran tulang yang terjadi berkali-kali. Tekanan berlebihan secara terus-menerus menimbulkan persendian sedikit bergerak dan hal ini yang akhirnya menyebabkan rasa sakit, sama seperti sakit pinggang adalah hal yang umum terjadi sekitar 15-30 persen orang yang mengalami sakit pinggang ternyata di karenakan oleh radang persendian tulang panggul.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan terima kasih yang telah berkunjung ke situs resmi kami, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QnC Jelly Gamat - Teripang Emas Asli

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Pengertian Dan Gejala Sakit Pinggang Belakang