Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan - Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami, yang mana merupakan situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan sekaligus menjelaskan mengenai tentang penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.


Sakit pinggang adalah gejala yang sering di keluhkan oleh orang dewasa terutama pada orang yang aktif bekerja entah itu sakit pinggang sebelah kanan, kiri atau di tengah-tengah yang semuanya tentu sangat menyiksa bahkan membuat sebagian orang menjadi absen dari pekerjaannya. Ada beberapa orang yang khawatir dengan sakit pinggang karena kecapean atau penyakit ginjal, karena sering kali pasien yang datang berobat dengan keluhan ini selalu menanyakan apakah sakit pinggang karena gangguan ginjal atau lainnya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Sakit pinggang bisa terjadi pada waktu tertentu (akut) atau secara terus-menerus (kronis), sakit pinggang akut biasanya tajam, intens dan mempunyai onset mendadak. Sakit kronis berlanjut dalam waktu yang lama dan biasanya tidak sesakit sakit pinggang akut tapi seiring waktu akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Ada beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan, di antaranya adalah sebagai berikut ini :
  • Herpes zoster
Sebab herpes zoster menyerang saraf, maka mungkin saja saraf pada pinggang sebelah kanan terkena sehingga akan menimbulkan rasa sakit, panas dan terkadang di sertai rasa kesemutan yang biasanya menjalar hingga perut yang sesuai jalur saraf dan tak lama kemudian timbul kelainan pada kulit berupa gelembung cairan yang bergerombol. Ciri khas dari herpes zoster ini hanya menyerang sebelah kanan atau kiri.
  • Masalah empedu 
Kandung empedu seseorang jika kram atau meradang rasa sakit, bisa menjalar ke pinggang sampai dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kanan. Batu empedu atau peradangan adalah penyebab yang paling sering, rasa sakit biasanya berpusat di pinggang bagian tengah sebelah kanan dan dapat menjalar naik ke bahu. Batu empedu dapat berkembang menjadi keadaan darurat medis, sehingga sangat penting untuk menyadari gejala penting lainnya selain sakit pinggang yaitu sakit perut. Oleh sebab itu, sakit pinggang di sertai dengan sakit perut, mual atau muntah dan anda harus mencari perawatan medis segera.
  • Sakit pinggang karena ginjal
Penyakit ginjal yang dapat menimbulkan sakit pinggang di antaranya infeksi ginjal dan batu ginjal, tergantung pada letak ginjal yang terlibat jika sebelah kanan yang kena maka yang sakit pinggang sebelah kanan begitu pula sebaiknya jika sebelah kiri yang kena maka yang sakit pinggang sebelah kiri.

Pada batu ginjal rasa sakit biasanya sakit tumpul (kemeng) dan terasa sakit pada pengetukan (sakit otak) di area costovertebra angle (pemeriksaan ini di lakukan oleh dokter) dan tidak jarang rasa sakit menjalar ke perut sampai selangkangan, sedangkan pada infeksi ginjal selain keluhan dan tanda di atas di tambah lagi dengan adanya demam menggigil, mual, muntah dan gangguan buang air kecil. Jika anda mengalami sakit pinggang yang seperti ini, maka anda segera mencari pertolongan medis
  • Sciatica
Sciatica adalah istilah yang di berikan untuk setiap jenis rasa sakit yang di timbulkan oleh iritasi atau kompresi saraf siatik (saraf siatik kejepit), saraf siatik merupakan saraf terpanjang dalam tubuh yang berjalan dari bagian belakang panggul melalui bokong hingga ke kaki. Jika yang terlibat yaitu saraf sciatic sebelah kanan maka akan menimbulkan sakit pinggang sebelah kanan bagian bawah (panggul) yang mnejalar hingga ke kaki.
  • Tegang otot
Jika otot lumbal sebelah kanan mengalami ketegangan maka akan menimbulkan sakit pinggang sebelah kanan, begitu pula sebaliknya untuk sisi yang kiri. Hal ini merupakan penyebab yang paling sering dan hal ini biasanya terjadi jika seseorang membuat gerakkan secara tiba-tiba, gerakkan tak lazim atau mengangkat barang berat secara berulang. Rasa sakit pinggang dapat terjadi secara tiba-tiba dan intens atau mungkin meningkat secara bertahap.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan terima kasih yang telah berkunjung ke situs resmi kami, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QnC Jelly Gamat - Teripang Emas Asli

Pengertian Dan Gejala Sakit Pinggang Belakang