Cara Mengatasi Sakit Pinggang Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Ibu Hamil - Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami, dimana situs resmi yang selalu memberikan informasi mengenai gangguan pada kesehatan. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai tentang Cara Mengatasi Sakit Pinggang Ibu Hamil. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.


Salah satu masalah yang sering di keluhkan ibu hamil yaitu sakit pinggang, biasanya gejala sakit pinggang ini semakin terasa saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Ibu hamil akan mengalami kesulitan berjalan, mengenakan pakaian, mengangkat barang maupun ketika duduk pun pinggang masih terasa sakit. Kondisi sakit pinggang ini cukup normal, jadi ibu hamil tidak perlu cemas ataupun khawatir. Penyebabnya bisa di karenakan oleh beberapa faktor, misalnya bertambahnya berat badan, perkembangan janin yang semakin besar , perubahan posisi otot , produksi hormon relaxin dan psikologis yang tidak stabil (misalnya stres atau depresi). 

Ada beberapa cara untuk mengatasi sakit pinggang ibu hamil, di antaranya adalah sebagai berikut ini :
  •  Tingkatkan Asupan Air Putih
Salah satu penyebab sakit pinggang adalah kurangnya konsumsi air putih, umumnya seorang wanita hamil yang jarang minum dan gemar duduk lama beresiko lebih tinggi terserang sakit pinggang karena air memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot. Oleh karena itu, ibu hamil sangat di anjurkan memperbanyak konsumsi air putih sekitar 2 liter perharinya.
  • Olahraga
Banyak orang yang menyalah artikan bahwa wanita hamil tidak boleh melakukan olahraga, hal ini tentu tidak benar melainkan dengan berolahraga wanita hamil bisa mengurangi resiko gangguan sendi dan tulang. Beberapa jenis olahraga ampuh menyembuhkan sakit pinggang, seperti senam yoga. Gerakan perengangan yang di lakukan saat yoga bisa membantu melancarkan aliran darah menuju pinggang, merileksasi otot tubuh dan meredakan sakit pinggang. Untuk menjaga keamanan, sebaiknya anda melakukan senam yoga di tempat latihan yoga khusus ibu hamil.
  • Tidur Dengan Posisi Menyamping 
Dengan menerapkan posisi tidur yang benar, menurut ilmu medis seorang ibu hamil yang menderita sakit pinggang di sarankan untuk tidur dengan posisi menyamping. Tak hanya itu, anda juga bisa meletakkan bantal di bagian lutut dan punggung untuk mengurangi ketegangan sampai otot pun menjadi lebih rileks. Gunakan bantal yang empuk dan jangan terlalu besar.
  • Menggunakan Pakaian Khusus Hamil
 Pemilihan pakaian mempengaruhi kondisi otot pada pinggang, sebaiknya gunakan pakaian kendor (misalnya daster) atau pakaian khusus ibu hamil di saat masa-masa mengandung karena penggunaan pakaian ketat dapat mengganggu proses pencernaan, menekuk perut dan membuat pinggang terasa lebih sakit.
  • Lakukan Pemijatan
 Anda bisa membantu anak, suami atau keluarga lain untuk memijat bagian belakang tubuh anda di seluruh area pinggang atau punggung. Dengan metode ini bisa membantu menghilangkan rasa kaku di pinggang, menghilangkan rasa sakit dan merileksasi otot.
  • Hindari Sepatu High-Heels
Sepatu dengan hak tinggi tidak di sarankan di gunakan untuk ibu hamil karena bisa meningkatkan resiko terjatuh, meningkatkan gejala sakit pinggang dan rasa tidak nyaman. Agar aman kenakan saja sepatu flat atau sandal datar selama kehamilan.
  • Menjaga Pola Makan 
Pola makan juga harus di perhatikan saat kehamilan, kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan kemasan yang mengandung zat adiktif. Sebaliknya anda di haruskan meningkatkan asupan makanan sehat, misalnya sayuran dan buah-buahan.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit pinggang ibu hamil dan sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang Cara Mengatasi Sakit Pinggang Ibu Hamil juga terima kasih yang telah berkunjung ke situs resmi kami, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QnC Jelly Gamat - Teripang Emas Asli

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Pengertian Dan Gejala Sakit Pinggang Belakang