Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab Sakit Pinggang - Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami, yang mana pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan dan menginformasikan sekilas tentang berbagai macam penyakit. Terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang penyebab sakit pinggang, untuk mengetahui lebih lanjut mari kita simak.


Penyebab Sakit Pinggang 

Penyebab sakit pinggang itu terbagi menjadi dua, yaitu medis dan mekanis. Penyebab mekanis dipicu oleh pengikisan struktur dan daya tahan pinggang yang meliputi otot, sendi, cakram, saraf dan tulang dengan usia sebagai faktor utama. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang termasuk dalam penyebab mekanis :
  • Cedera cakram tulang belakang, penyelipan atau perobekan cakram saat penderita terpelintir ataupun jatuh. Cakram dapat menekan saraf tulang belakang dan menimbulkan rasa sakit seperti terbakar pada bagian pinggang hingga kaki (sciatica)
  • Keseleo, cedera yang mengakibatkan tekanan pada otot atau tendon seperti saat terpeleset, mengangkat beban berat, salah posisi duduk atau meregangkan otot berlebihan dalam kondisi parah pun ligamen bisa mengalami perobekan
  • Pengikisan cakram tulang belakang, penurunan kekuatan cakram tulang belakang dalam menahan beban, menunduk dan aktivitas lain.
  • Perubahan struktur tulang, umumnya terjadi saat usia mulai senja dan mengakibatkan postur tubuh yang buruk . Kyphosis, lordosis dan skoliosis merupakan beberapa contoh pemicu perubahan struktur tulang.
  • Radikulopati, inflamasi atau penekanan pada saraf tulang belakang yang terjadi saat cakram yang terselip menekan saraf tulang belakang secara berlebihan. Bagian tubuh yang dipersarafi oleh saraf yang tertekan akan mengalami rasa sakit, kesemutan hingga mati rasa.
  • Spondylolisthesis, salah satu atau beberapa ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang
  • Stenosis spinal, penekanan pada saraf sumsum tulang dikarenakan penyempitan pada saluran saraf di tulang belakang, mengakibatkan penderita merasa sakit seperti lemas, kram dan mati rasa khususnya saat berjalan atau berdiri.
Dalam beberapa kasus sakit pinggang, penyebabnya mungkin tidak bisa diketahui secara langsung. Penyebab sakit pinggang terbagi menjadi 2, yaitu sakit pinggang sebelah kiri dan sakit pinggang sebelah kanan.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri 

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang terjadi pada struktur organ dan jaringan di sekitar pinggang sebelah kiri, saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun. Sakit pinggang sebelah kiri bisa menyebar hingga ke daerah tubuh lain seperti bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang, penyebabnya pun bermacam-macam. Sakit pinggang sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang paling sering adalah akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat sehingga menyebabkan cedera. Hal lain yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Cedera fisik, kerusakan pada tulang dan otot disekitar pinggang sebelah kiri dapat menyebabkan sakit pada pinggang kiri, keluhan ini umumnya dirasakan beberapa saat setelah terjadi cedera dan bisa akibat patah tulang otot atau panggul di sekitar pinggang kliri mengalami kerusakan
  • Gangguan pada ginjal, letaknya dekat dengan pinggang gangguan pada ginjal seperti batu ginjal atau infeksi ginjal dapat menyebabkan sakit pada pinggang. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini, akan dirasakan diantara tulang rusuk terbawah dan panggul.
  • Skiatika, disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Hal ini bisa terjadi ketika ada pergeseran bantalan saraf di tulang belakang atau kerusakan pada tulang punggung sehingga menyebabkan penjepitan saraf. Salah satu ciri umum dari skiatika yaitu timbulnya kesemutan disertai rasa sakit yang hebat menjalar dari pinggang kiri atau kanan ke kaki dan tungkai
  • Stenosis spinal, penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang ini yaitu stenosis spinal. Tekanan pada saraf tulang belakang akibat stenosis spinal bisa menyebabkan lemas, kebas dan kram pada bagian tubuh manapun, tergantung pada saraf mana yang tertekan. Penyebab utama stenosis spinal yaitu perubahan tulang karena penuaan sehingga bantalan saraf tulang belakang menekan saraf dan akhirnya menyebabkan sakit, umumnya gejala akan bertambah parah saat berjalan dan saat berdiri.
  • Otot tegang, beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung yang terlalu berat, maka urat dan otot di punggung bisa tertarik menjadi tegang bahkan juga robek. Gejala umum dari tegangan otot adalah rasa kaku dan sakit pada pinggang, kondisi ini bisa pulih dan reda kembali setelah penderitanya beristirahat dan menjalani fisioterapi.
Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan 

Sakit pinggang sebelah kanan dapat disebabkan oleh keadaan darurat medis yang serius, oleh karena itu sangat penting kiranya untuk memahami berbagai penyebab sakit pinggang. Berikut ini ada beberapa penyakit yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan yaitu :
  • Masalah empedu, Kandung empedu seseorang jika kram atau meradang rasa sakitnya bisa menjalar ke pinggang sehingga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Peradangan atau batu empedu merupakan penyebab yang paling sering terjadi dan rasa sakit biasanya berpusat di pinggang bagian tengah sebelah kanan dan juga dapat menjalar naik ke bahu. Batu empedu dapat berkembang menjadi keadaan darurat medis sehingga sangat penting untuk menyadari gejala penting lainnya selain sakit pinggang yaitu sakit perut. Oleh karena itu, jika sakit pinggang disertai dengan sakit perut, mual dan muntah anda harus segera mencari perawatan medis
  • Tegangan otot, jika otot lumbal sebelah kanan mengalami ketegangan maka akan menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, begitu pula sebaliknya untuk sisi yang kiri. Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi, hal ini bisa terjadi jika seseorang membuat gerakan secara tiba-tiba, gerakan tak lazim atau mengangkat barang berat secara berulang. Rasa sakit pinggang dapat terjadi secara tiba-tiba dan inten atau mungkin juga meningkat secara bertahap.
  • Sciatic, merupakan istilah yang diberikan untuk setiap jenis rasa sakit yang disebabkan oleh iritasi atau kompresi saraf sciatic (saraf sciatic kejepit). Saraf sciatic yaitu saraf terpanjang dalam tubuh kita yang berjalan dari bagian belakang panggul melalui bokong sampai ke kaki, jika yang terlibat adalah saraf sciatic sebelah kanan maka akan menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan bagian bawah (panggul) yang menjalar samapi ke kaki.
  • Sakit pinggang karena ginjal, penyakit ginjal yang dapat menyebabkan sakit pinggang antara lain yaitu infeksi ginjal dan batu ginjal, tergantung pada letak ginjal yang terlibat jika sebelah kanan yang kena maka yang sakit pinggang sebelah kanan begitu pula sebaliknya. Pada batu ginjal rasa sakit biasanya nyeri tumpul(kemang) dan terasa sakit pada pengetukan (nyeri ketok) di area costovertebra angle (pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter) dan tak jarang rasa sakit menjalar ke perut hingga selangkangan. Pada infeksi ginjal selain keluhan dan tanda diatas ditambah lagi dengan adanya menggigil, mual, demam, muntah dan gangguan buang air kecil.
  • Herpes zoster, karena menyerang saraf maka mungkin saja saraf pada pinggang sebelah kanan terkena sehingga akan timbul rasa nyeri, panas, terkadang disertai rasa kesemutan yang biasanya menjalar sampai perut sesuai jalur saraf dan tak lama kemudian timbul kelainan pada kulit berupa gelembung cairan yang bergerombol. Ciri khas dari herpes zoster hanya menyerang pada sebelah tubuh yakni kanan atau kiri.
Inilah yang dapat kami sampaikan sekilas tentang penyebab sakit pinggang, semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda mengalami sakit pinggang segera melakukan pengobatan atau mencari perawatan medis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QnC Jelly Gamat - Teripang Emas Asli

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Pengertian Dan Gejala Sakit Pinggang Belakang