Pengobatan Sakit Pinggang

Pengobatan Sakit Pinggang - Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami yang merupakan situs resmi mengenai tentang berbagai penyakit. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan atau menjelaskan sekilas tentang pengobatan sakit pinggang. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengobatan secara umum yaitu dengan istirahat dan menghindari aktivitas seperti mengangkat benda atau barang berat, pengobatan spesifik penyakit ini tergantung pada penyebab sakit pinggang belakang yang mendasari. Pengobatan medis yang diberikan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  •  Obat-obatan
  Obat-obatan yang dibutuhkan diantara nya obat anti sakit dan obat untuk membuat relaksasi otot
  • Pemijatan
 Terkadang pemijatan dibutuhkan untuk mengurangi sakit otot, dengan memijat secara gentle di sepanjang tulang belakang dan aliran darah meningkat juga otot lebih relaksasi
  • Terapi Fisik
Metode pengobatan digunakan terutama jika terdapat sakit pinggang belakang yang berkepanjangan dan diakibatkan oleh hernia ataupun pergeseran diskus tulang belakang, terapi fisik terdiri atas traksi pelvis secara terapi otot dan mekanik
  • Terapi panas dan injeksi
Terapi panas dan dingin juga dapat bermanfaat dalam mengurangi sakit sciatica, injeksi steroid dapat mengurangi peradangan pada saraf. Jika sakit sciatica tidak membaik dengan terapi seperti ini dan sakit yang dirasakan malah semakin parah, maka pilihan terapi selanjutnya yaitu pembedahan. Pembedahan ini dilakukan dengan maksud untuk memperbaiki bagian diskus yang menekan saraf.

Sebagian besar kasus sakit pinggang akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari dengan perawatan yang baik dirumah, hal ini yang perlu dilakukan yaitu dengan :
  • Mengompres pinggang dengan air hangat untuk mengurangi sakit
  • Mengonsumsi obat antisakit, seperti ibuprofen atau parasetamol
  • Tidur menggunakan alas yang rata
Sebagian besar kasus sakit pinggang dapat pulih dengan sendirinya  tanpa penanganan dokter, khususnya dalam jangka waktu 72 jam, dengan beberapa cara seperti mengompres menggunakan air hangat dan dingin secara bergantian, mandi dengan air hangat, mengistirahatkan pinggang dengan alas bantal atau handuk baik secara menyamping atau lurus, hingga mengkonsumsi obat seperti paracetamol atau ibuprofen dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan.

Jika anda ingin melakukan olahraga, akupuntur , terapi jepit dan cara tradisional lainnya disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Jika rasa sakit tidak kunjung reda setelah 72 jam, disarankan untuk menemui dokter agar dapat diberikan pengobatan lebih lanjut. Obat-obatan yang biasa diberikan oleh dokter untuk mengatasi sakit pinggang adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs), antikejang, antidepresan, analgesik hingga obat pereda sakit dalam bentuk semprotan atau oles. Dalam kondisi kronis dapat juga diberikan suntikan kortikosteroid.

Sekian informasi dan penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai sekilas tentang pengobatan sakit pinggang, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QnC Jelly Gamat - Teripang Emas Asli

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Pengertian Dan Gejala Sakit Pinggang Belakang