Jenis-Jenis Sakit Pinggang

Jenis-jenis sakit pinggang - Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami yang mengenai tentang berbagai penyakit. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan atau menjelaskan sekilas tentang jenis-jenis sakit pinggang. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan ini.

Jenis-Jenis Sakit Pinggang 

Jenis sakit pinggang, sakit radicular pain atau menjalar, rasa sakit tidak hanya di satu titik saja melainkan menjalar sampai ke tubuh yang lebih jauh dan sakit pinggang lain timbul sebagai sakit karena peregangan otot. Paling sering sakit pinggang karena kesalahan dalam posisi tubuh maupun sikap, dan dapat menimbulkan keluhan sakit pinggang. Sama seringnya juga dengan akibat trauma terbentur, terpeleset, terkilir, patah atau retak ruas tulang belakang.

Secara umum, terdapat 3 jenis sakit pinggang diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sakit pinggang nonspesifik
Penderita mengalami rasa sakit tanpa penyebab yang jelas, sakit pinggang akut termasuk dalam jenis ini dengan intensitas sakit mulai dari ringan sampai berat
  • Sciatica
20 persen penderita mengalami sciatica atau sakit pinggang yang disebabkan oleh saraf tulang belakang yang terjepit atau rusak, cakram yang lepas atau slip disc yaitu salah satunya dengan tahap intensitas sub-akut hingga kronis. Rasa sakit seperti mati rasa atau ditusuk, biasanya dirasakan dari pinggang sampai kaki
  • Sindrom cauda equina
Kondisi jarang akan tetapi sangat membahayakan, kelainan ini dapat menyebabkan saraf tulang punggung paling bawah tertekang dan mengakibatkan rasa sakit pinggang hebat. Gangguan pada sistem kemih, anus mati rasa sampai melemahkan fungsi salah satu atau kedua kaki.

Selain jenis sakit pinggang secara umumnya, berikut ini ada beberapa jenis sakit pinggang lainnya diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sakit pinggang hernia nucleus pulposus
Sering kali menimbulkan rasa sakit yang menjalar hingga ke bagian tungkai kaki, untuk memastikan apakah rasa sakit yang menyerang merupakan jenis sakit hingga HNP diperlukan diagnosis MRI. Sementara cara yang dapat dilakukan, untuk meredakan rasa sakit pinggang yang dirasakan yaitu dengan beristirahat, konsumsi obat analgesik atau melakukan fisioterapi. Langkah operasi dapat ditempuh apabila salah satu atau kombinasi dari pengobatan yang dilakukan tidak membuahkan hasil yang baik merupakan arti rasa sakit pada pinggang, bukan membaik atau sembuh melainkan justru malah bertambah parah.
  • Sakit pinggang akibat tumor
Salah satu jenis dari sakit pinggang yang paling berat dan biasanya bersumber dari serangan keganasan tumor pada tempat lainnya, misalnya sakit pinggang dapat timbul karena adanya penyakit tumor payudara, tumor prostat dan tumor lainnya yang ada di dalam tubuh. Untuk kasus sakit pinggang jenis ini anda perlu selalu berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda.
  • Sakit pinggang akibat osteoporosis
Mengakibatkan tulanggampang rapuh, gopeng dan patah, kebanyakan sakit pinggang akibat osteoporosis ini dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa monopouse, orang yang merokok, peminum alkohol, orang yang jarang melakukan olahraga dan mereka yang termasuk pengguna obat steroid dalam jangka waktu yang lama. Untuk mencegah dapatnya sakit pinggang jenis ini, maka usahakan untuk selalu melakukan pemeriksaan kepadatan tulang secara rutin terutama pada kaum lansia atau para wanita.
  • Sakit pinggang psikogenik
Jenis sakit pinggang ini dapat dijumpai pada penderita depresi ataupun kecemasan, biasanya jenis ini terjadi karena pemeriksaan yang sering kali tidak sesuai dengan gejala yang dirasakan sehingga menimbulkan penyakit pinggang terus menyerang selama berbulan-bulan dan berubah menjadi sakit pinggang kronis.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini sekilas tentang jenis-jenis sakit pinggang, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QnC Jelly Gamat - Teripang Emas Asli

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Pengertian Dan Gejala Sakit Pinggang Belakang