Diagnosis Sakit Pinggang

Diagnosis Sakit Pinggang - Selamat datang dan selamat berkunjung di website resmi kami yang mana merupakan situs resmi mengenai tentang berbagai penyakit. Pada kesempatan kali ini, terlebih dahulu kami akan menginformasikan atau menjelaskan sekilas tentang diagnosis sakit pinggang. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pada tahap awal, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan mengenai tentang aktivitas sehari-hari dan juga riwayat kesehatan untuk mencari pemicunya, pemeriksaan fisik yang akan dilakukan meliputi kemampuan gerak (motorik), sensasi (sensorik) dan refleks. Pemeriksaan lanjut yang dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosis dan menentukan penyebab, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Elektrodiagnostik
Mendiagnosa aktivitas saraf dan otot melalui aliran listrik elektroda yang meliputi tes elektromiografi (EMG), evoked potential test (EP) dan nerve conduction study (NCS)
  • Pemeriksaaan Darah
Memeriksa adanya peradangan, kondisi sampai infeksi tertentu seperti arthritis. Pemeriksaan yang dapat dilakukan meliputi pemeriksaan darah lengkap, protein C-reaktif dan laju endap darah (LED)
  • Pemeriksaan Kepadatan Tulang
Memeriksa kepadatan struktur tulang, metabolisme tulang dan kelainan sendi
  • Pemeriksaan Myelogram
Untuk memperdalam hasil pemindaian dengan cara menyuntikan cairan berwarna khusus melalui saluran tulang belakang sebelum pemeriksaan radiologi, untuk memeriksanya kondisi cakram dapat dilakukan pemeriksaan diskografi
  • Pemeriksaan Ultrasonografi
 Memeriksa kondisi otot, ligamen dan tendon secara rinci melalui gelombang suara
  • Pemindaian
Seperti foto rontgen, MRI dan CT scan. Untuk memeriksa struktur otot, tulang dan ligamen bahkan mencari tahu jika ada kondisi pemicu lainnya.

Sebagian besar kasus sakit pinggang yang akan terjadi karena gangguan di otot hanya perlu dilakukan pemeriksaan dokter untuk memastikan penyakitnya, sementara itu jika sakitnya di saraf atau ditulang maka pemeriksaan lebih lanjut akan dibutuhkan.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tentang diagnosis sakit pinggang, semoga bermanfaat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

QnC Jelly Gamat - Teripang Emas Asli

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Pengertian Dan Gejala Sakit Pinggang Belakang